Perpamsi Minta Pelayanan PDAM Tetap Harus Patuhi Protokol Kesehatan

Ketua Umum PERPAMSI, H. Rudie Kusmayadi berpesan agar para tukang ledeng di seluruh Indonesia tetap melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat. Tentu dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagaimana anjuran pemerintah.

“Pandemi Covid-19 ini benar-benar membuat kita harus mengubah cara kerja kita, yakni dengan menerapkan tatanan budaya kerja baru (new normal). Anjuran menerapkan protokol kesehatan, terutama mengurangi interaksi sosial, tentunya harus kita sikapi bersama. Salah satunya dengan menerapkan budaya kerja berbasis teknologi informasi,” ujar Rudie.

Sosok yang juga Direktur Utama Perumdam Tirta Raharja Kabupaten Bandung, menyadari, sebagai sebuah organisasi para profesional pengelola perusahaan air minum di seluruh Indonesia, PERPAMSI dituntut memberikan pelayanan terbaik bagi para anggotanya. Namun, dampak pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak awal tahun 2020 hingga saat ini, sedikit banyak mempengaruhi jalannya roda organisasi.

Beberapa kegiatan dan program PERPAMSI, terpaksa harus dikurangi dan sebisa mungkin dilakukan secara daring (on-line). Salah satunya yakni rapat Pengurus Pusat dan Pengurus Daerah yang diselenggarakan tanggal 29 September 2020 secara daring. Rapat ini beragendakan Laporan Kegiatan PP dan pergantian Pengurus Antar Waktu (PAW) Sekretaris Umum.

Sebagaimana diketahui, Mujiaman, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Umum PERPAMSI masa bakti 2017-2021, mengundurkan diri sebagai Direktur Utama PDAM Surya Sembada. Pengunduran diri ini dikarenakan yang bersangkutan akan mengikuti kontestasi politik sebagai salah satu calon wakil wali kota Surabaya di Pilkada 2020.

Sesuai Anggaran Rumah Tangga PERPAMSI, Pengurus Pusat diberi kewenangan untuk menunjuk penggantinya sebagai pengurus antar waktu.

Dalam prosesnya, PP sepakat menunjuk Sonny Salimi sebagai Sekretaris Umum PERPAMSI PAW masa bakti 2020-2021. Sebelumnya, Sonny adalah Ketua Departemen Advokasi dan Perundangan PERPAMSI. Posisi ini kemudian dipercayakan kepada Priyatno Bambang Hernowo, yang sehari-harinya adalah Direktur Utama PAM Jaya.

Pasca terpilihnya Sonny Salimi sebagai Sekretaris Umum, Pengurus Pusat menggelar rapat koordinasi di Bandung, 9 Oktober 2020. Rapat yang juga dihadiri Dewan Pengawas PERPAMSI bersifat koordinasi dan perkenalan dengan pengurus baru, perubahan rencana kerja anggaran (RKA) 2020 berkaitan pandemi, dan pembahasan isu-isu menarik seputar air minum.

Rudie berharap, dengan terpilihnya Sekretaris Umum yang baru, roda organisasi akan berjalan secara normal dan program-program bisa berjalan dengan lebih baik.

Ia menambahkan, tahun depan adalah akhir kepengurusan PP PERPAMSI periode 2017-2021. Tahun depan, beberapa kegiatan besar organisasi sedang dipertimbangkan, mulai Rakernas dan Mapamnas, IWWEF, serta PORPAMNAS. Kegiatan-kegiatan tersebut tentunya diupayakan sesuai situasi yang berkembang.

(sumber:perpamsi)