Kunci Utama Penyehatan PDAM Adalah Integritas, Tekad, Komitmen Serta Fokus

Anggota BPPSPAM Unsur Profesi, Poppy Indrawati Janto menyampaikan bahwa kesulitan bukanlah masalah yang tidak dapat diselesaikan, dari kesulitan dapat belajar berbagai hal. Dan Integritas, tekad, komitmen serta fokus merupakan kunci utama agar BUMD Penyelenggara SPAM dapat memiliki kategori kinerja sehat.

“Ubahlah kesulitan itu menjadi kebijaksanaan, integritas, tekad, komintmen, serta fokus menjadi kunci utama dalam menyehatkan PDAM” kata Poppy dalam acara Webinar Langkah Kecil Menyehatkan BUMD Penyelenggara SPAM , rabu (10/06/20) lalu.

Hadir dalam acara ini Direktur Umum PAM Jaya, Direktur Utama PDAM Tirta Manakara Kabupaten Mamuju, dan Direktur Utama PDAM Apa’ Mening Kabupaten Malinau dan Plt. Balai Tehnik Air Minum, Kementerian PUPR, sebagai penanggap serta diikuti oleh BUMD air minum di Provinsi Lampung Penerima Hibah CSR Meter Air Kerja Sama PAM Jaya dan BPPSPAM Tahun 2019.

Direktur Utama Utama PDAM Apa’ Mening Kabupaten Malinau, Saiful Bahri menyampaikan bahwa kunci sukses meningkatkan kinerja PDAM adalah dengan menambah pendapatan melalui sistem informasi penagihan yang transparan serta meningkatkan kinerja pegawai. Ada 3 (tiga) kunci utama dalam peningkatan SDM yaitu inovasi terobosan, keberanian, dan bebas dari campur tangan pemilik yaitu Pemerintah daerah.

Selain memberikann reward sesuai kinerja pegawai, Saiful Bahri juga mewajibkan para pegawainya melakukan e-learning mandiri melalui webinar online atau video youtube berdasarkan job desk yang dimiliki sebagai bagian dari tugas kesehariannya.

“Dalam seminggu setiap pekerja harus melaporkan progres E-Learningnya kepada atasan dan dibagikan kepada pegawai yang lain dan mendapatkan reward apabila berdampak pada perbaikan kinerja bagiannya,” jelas Saiful.

Direktur Umum PAM Jaya, Untung Suryadi menambahkan bahwa selain memberikan reward dan punishment untuk membuat Pegawai memiliki komitmen tinggi terhadap tugasnya adalah menciptakan suasana kerja yang nyaman bagi Pegawai. Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mencipkan budaya kerja yang bai serta memupuk komunikasi dengan pegawai melalui acara-acara kebersamaan seperi gathering, ibadah bersama dan sebagainya.

Direktur Utama PDAM Tirta Manakara Kabupaten Mamuju, Muhamad Nur menyampaikan bahwa
kunci sukses menyehatkan PDAM adalah komitmen untuk meyakinkan Pemerintah Daerah sebagai pemilik untuk mendukung BUMD air minum memajukan usahanya. Hal tersebut dapat terwujud apabila terdapat kontrak kerja antara BUMD air minum dan Pemda yang berisi PDAM harus mencapai kinerja sesuai target yang diberikan dan sebaliknya pemilik memberikan semua dukungan untuk BUMD air minum dalam mengembangan usahanya.

(sumber:web,bppspam/internet)